Beranda Metropolitan Polda Metro Ringkus 10 Tersangka Penggelapan Sertifikat Rumah

Polda Metro Ringkus 10 Tersangka Penggelapan Sertifikat Rumah

60
0
Polda Metro Jaya merilis pengungkapan kasus penipuan dan penggelapan sertifikat rumah. (dok/pmj)

JAKARTA, kabarSBI.id – Anggota Subdit 2 Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus penipuan dan penggelapan sertifikat rumah.

Kabid Humas Polda Metro Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan dalam pengungkapan itu sebanyak 10 tersangka berhasil diamankan.

“Sebanyak 10 tersangka berhasil kita amanakan mulai dari perannya sebagai Notaris, ada yang sebagai pembujuk korban, dan ada sebagai PPAT,” kata Kombes Yusri di Polda Metro Jaya, seperti dikutip situs resmi Polda Metro Jaya, Jumat (4/12/2020).

Kombes Yusri juga menyebut dalam aksinya itu para tersangka berhasil mendapatkan keuntungan hingga miliaran rupiah.

“Para tersangka membujuk korban untuk menyerahkan sertifikat milik korban dengan alasan membantu renovasi rumah korban, setelah sertifikat dikuasai tersangka kemudian para tersangka bekerjasama melakukan transaksi jula beli tanpa sepengetahuan korban menggunakan dokumen palsu,” ungkap Yusri.

“Setelah sertifikat dibalik nama kemudian diagunkan di Bank dengan nilai Rp 6 miliar rupiah,” sambungnya.

Atas perbuatannya tersebut para tersangka dikenakan Pasal 263 KUHP dan atau Pasal 264 KUHP Jo. Pasal 55 ayat 1 ke (1) KUHPidana dan atau Pasal 3, 4 dan 5 UU RI No. 08 tahun 2010 tentang TPPU dengan ancaman pidana penjara di atas 20 tahun penjara. (hms/r/as)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here